Product Branding Photography saat ini telah marak dilakukan oleh fotografer diluaran sana. Bahkan banyak diantara mereka yang banting setir untuk khusus menjadi fotografer produk. Tentunya hal ini menjadi lahan bisnis yang menjanjikan. Terutama dibarengi dengan menjamurnya produk-produk yang dijual secara online dengan memanfaatkan kemampuan visual dalam promosi mereka.

Foto produk menjadi sangat penting ketika sekarang platform media sosial dan online lebih banyak digandrungi. Jika dahulu produk dijual hanya mengandalkan kualitas dan teknik penjualan offline. Maka pengusaha tentunya harus berpikir cepat untuk segera beralih kearah digital. Karena perubahan ini, maka dibutuhkannya visualisasi produk yang tepat untuk menghasilkan foto  untuk menarik hati konsumen. Kekuatan visual inilah yang membuat bagaimana konsumen dapat mempercayai produk tanpa harus melihat barang secara langsung.

Baca Juga : Hadapi Klien Pertamamu

Jika anda adalah salah satunya yang mulai memikirkan kualitas visual dari produk anda. Maka ini saat yang tepat untuk menggunakan product branding photography. Anda dapat menggunakan jasa tertentu, namun jika anda ingin melakukannya sendiri atau sekedar ingin mengetahui proses seorang fotografer menghasilkan foto yang epic. Silahkan simak tips dibawah ini.

  1. Peralatan Kamera Profesional atau Ponsel
    Tidak ada salahnya anda menggunakan kamera ponsel, karena fitur ini sudah mengalami kemajuan kualitas yang luar biasa. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal mulailah belajar dengan kamera profesional. Hal ini juga sangat berguna jika anda memiliki usaha sendiri.

    Tips Product Branding Photography
    Sumber : mblogoblog.com
  2. Background
    Penggunaan latar belakang tidak harus berbentuk flatlay atau polos biasa. Saat ini foto produk dapat menjadi semakin menarik dengan penambahan properti atau bahkan foto outdoor. Anda juga dapat menggunakan barang-barang sederhana seperti kain, kertas kado dan sprei.

    Tips Product Branding Photography
    Sumber ; pinterest.com
  3. Pencahayaan
    Foto itu sendiri adalah melukis cahaya, maka pemahaman mengenai cahaya sangatlah penting. Untuk foto seperti ini disarankan cahaya dari samping dan belakang. Karena, cahaya depan akan membuat produk terlihat flat. Cahaya samping akan membuat produk menjadi berdimensi dan tambahan cahaya belakang akan membuat produk terlihat semakin hidup dan dramatis.

    Tips Product Branding Photography
    Sumber : omisli.si

    Baca Juga : Inspirasi Gaya Foto Masa Kini

  4. Reflektor Cahaya
    Penggunaan reflektor untuk membuat cahaya menjadi lembut dan produk terlihat lebih bagus. Cahaya yang keras dan langsung akan membuat tampilan menjadi tidak menarik. Anda dapat menggunakan barang sederhana seperti kertas putih. Selain itu, gunakan juga filter sederhana seperti kertas mika, untuk menghasilkan efek warna alami.

    Tips Product Branding Photography
    Sumber : athkaragapabrik.blogspot

    Tips Product Branding Photography
    Sumber : picturecorrect.com
  5. Komposisi Foto
    Penempatan objek tidak harus selalu diletakkan ditengah. Anda dapat membuat produk terlihat terpotong untuk menambah kesan penasaran dibenak konsumen. Selain itu, tambahan aksesoris yang cocok juga sangat disarankan. Hal ini untuk menambahkan nilai bagi sebuah produk itu sendiri.

    Tips Product Branding Photography
    Sumber : arqspin.com

    Tips Product Branding Photography
    Sumber : Photography by Emanuele
  6. Editting
    Karena ini merupakan foto produk maka, lakukan proses edit yang senatural mungkin. Hal ini agar kesan asli dan natural dari produk itu sendiri tetap nampak.

    Tips Product Branding Photography
    Sumber : pinterest.com

    Apakah anda sudah siap untuk mempelajari foto produk?. Selamat mencoba!.
    Baca Juga :  Tone Foto Pengaruhi Emosimu