Bisnis kuliner merupakan sebuah bisnis yang tak lekang waktu. Hal ini dikarenakan makanan merupakan sebuah kebutuhan primer dari setiap manusia. Tanpa makan, tentu manusia tidak bisa hidup. Seiring perjalanan waktu, bisnis kuliner kini tidak hanya bisa memenuhi rasa lapar perut saja, namun juga memenuhi rasa penasaran dari yang namanya ‘lapar mata’. Pernahkah ganbro jadi korban ‘lapar mata’ gara-gara ngeliat foto makanan yang sliweran di media sosial?

Kini ga cuman berisi doto selfie aja, media sosial pun semakin ramai diisi oleh bisnis kuliner dengan foto makanannya yang bikin ngiler. Sekarang, foto makanan juga ada trennya, ganbro! Jadi kalau hendak berjualan makanan, harus ada effortnya buat bikin foto makanan yang bisa bikin bisnis kulinermu nge-hits.

Untuk menghasilkan foto makanan yang bakalan mendukung bisnis kulinermu, tentu ganbro semua ga boleh sembarangan memotret. Sebelum memotret, kalian bisa menata makanannya sesuai dengan tips-tips berikut:

 

Flatlay Styling

 

Souce: Freepik

Gaya foto flatlay sudah dipastikan menarik perhatian banyak orang. Foto flatlay sudah dipastikan membutuhkan banyak sekali properti, terlebih lagi dengan menggunakan properti yang aesthetic serta unik. Selanjutnya, adalah natural lighting. Bisa dipastikan pencahayaan natural masih menjadi pencahayaan paling favorit ketimbang pencahayaan artifisial. Yang terakhir adalah atur komposisi objeknya. Mulai dari komposisi warna, sampai komposisi tata letak sangat penting diperhatikan. Ganbro bisa mencoba menata objeknya dengan melihat kolom atau baris dari setiap propertinya. Dan, jangan lupakan white space, karena keberadaan white space ini adalah ruang bernafas antara objek foto dengan properti di sekitarnya.

 

Minimalist Photography

 

Source: Freepik

Sesuai namanya, stay minimalist! Bisa dibilang gaya styling yang satu ini berlawanan dengan flatlay yang membutuhkan banyak properti foto. Untuk memaksimalkan foto makanan dengan gaya minimalis kalian memerlukan background foto, simple properti, serta komposisi. Penggunaan gaya minimalis ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki bisnis kuliner dengan bentuk makanan yang bertumpuk atau berlapis-lapis, karena objek makanan kaian bisa terlihat stand out! Tata makanan dengan beberapa properti kalian di atas background foto yang polos, selanjutnya gunakan komposisi warna yang minimalis juga sehingga warna dan bentuk dari makanan kalian akan lebih menonjol.

 

Shooting In Lowlight

 

Source: Freepik

Sekali lagi, gunakan natural lighting atau ganbro juga bisa menggunakan pencahayaan artifisial dengan setting yang tepat. Memotret makanan dengan keadaan lowlight bisa menghadirkan keindahan tersendiri, namun juga sedikit mengecoh. Cari suasana yang redup dan gunakan sebagai background, dan tambahkan properti sesuai dengan konsep kalian, serta pusatkan pencahayaan pada objek fotonya saja. Foto makanan yang dihasilkan mungkin akan terlihat gelap dan banyak bayangannya, namun tak perlu risau karena ganbro bisa me-retouch sedikit dengan menaikkan brightnessnya sedikit.

Nah, gimana ganbro? Uda siap bikin bisnis kuliner kalian jadi viral kan? Gunakan tips-tips styling di atas ya ganbro!